Franchising, Pasar, Harga, dan Marketing Mix


Pengertian Waralaba (Franchising), Pasar, Harga, dan Marketing Mix
  • Waralaba (Franchising)
Waralaba dalam bahasa Inggris adalah franchising dan dalam bahasa Perancis adalah franchise yang berarti hak atau kebebasan. Menurut versi pemerintah Indonesia, waralaba adalah perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan atau penjualan barang dan jasa. Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia, waralaba ialah suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan pengwaralaba (franchisor) yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merk, nama, sistem, prosedur, dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.
  • Pasar

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhfqR_ko7boB7-ovTzDu0PJVrIwjQ9SRRknIs1OUhvSUrjBb85Eqf7d-uw5g470uUa-UXbAjAk-mgxga5Wu6thERBCG_dDcAz9dPEPaCWPdcLr8cUjHuJEv6Y2Q5GlYNUAl5AmEeU2fJBG5/s1600/paaaaa.jpg

Pasar adalah sah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial, dan infrastruktur tempat usaha menjual barang, jasa, dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. arang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian. Ini adalah pengaturan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk item pertukaran. Persaingan sangat penting dalam pasar, dan memisahkan pasar dari perdagangan. Dua orang mungkin melakukan perdagangan, tetapi dibutuhkan setidaknya tiga orang untuk memiliki pasar, sehingga ada persaingan pada setidaknya satu dari dua belah pihak. Pasar bervariasi dalam ukuran, jangkauan, skala geografis, lokal jenis dan berbagai komunitas manusia, serta jenis barang dan jasa yang diperdagangkan.
  • Harga
Harga adalah suatu nilai tukar yang bisa disamakan dengan uang atau barang lain untuk manfaat yang diperoleh dari suatu barang atau jasa bagi seseorang atau kelompok pada waktu tertentu dan tempat tertentu. Istilah harga digunakan untuk memberikan nilai finansial pada suatu produk barang atau jasa. Biasanya penggunaan kata harga berupa digit nominal besaran angka terhadap nilai tukar mata uang yang menunjukkan tinggi rendahnya nilai suatu kualitas barang atau jasa. Dalam ilmu ekonomi harga dapat dikaitkan degan nilai jual atau beli suatu produk barang atau jasa sekaligus variabel yang menentukan komparasi produk atau barang sejenis.
  • Marketing Mix
Marketing Mix berarti bauran pemasaran, yaitu kegiatan pemasaran yang dilakukan secara terpadu, yang dilakukan secara bersamaan di antara elemen yang ada dalam marketing mix itu sendiri. Elemen tersebut meliputi strategi harga (price), strategi produk (product), strategi lokasi (place), dan strategi promosi (promotion).


Harga Dapat Memberikan Dorongan Bagi Pengusaha Untuk Membuat Barang

         Harga dapat memberikan dorongan bagi pengusaha dalam membuat barang itu dikarenakan jika harga sebuah barang tesebut tinggi maka keuntungan yang didapatkan produsen akan mengalami peningkatan, begitu juga dengan jika harga tersebut rendah maka keuntungan produsen pun juga sedikit. Penetapan harga sangat berfungsi untuk penjualan. Produsen harus mempelajari bagaimana keinginan dan kebutuhan konsumen. Dari situ produsen pun akan semakin berusaha untuk memproduksi sebuah produk yang terbaik dan berkualitas yang siap bersaing dipasarkan dengan nilai jual yang ditawarkan pun sebanding dengan kualitasnya. Produsen juga harus memiliki strategi harga agar mencapai tujuan yang diharapkan secara lancar. Kualitas yang baik dengan harga yang masuk akal akan memberikan rasa ketertarikan tersendiri bagi konsumen hingga produk yang dipasarkan akan banyak diminati dan akan menimbulkan keuntungan untuk produsen. 


Pengaruh Harga Bagi Konsumen Dalam Menetapkan Keputusan Pembelian

     Dalam sudut pandang sebagai konsumen harga adalah pertimbangan pertama bagi konsumen untuk membeli suatu produk. Ada berbagai macam konsumen saat akan membeli sebuah barang. Ada konsumen yang menghubungkan dengan manfaat kebutuhan sehingga harga tinggi pun tidak menjadi masalah asalkan produk tersebut berkualitas. Ada konsumen yang memikirkan harga sehingga produk bagus dan berkualitas pun jika harganya terlalu tinggi konsumen tersebut tidak minat. Konsumen juga akan sangat minat dengan produk tersebut jika sangat berguna dan sesuai dengan keinginan konsumen dengan harga yang terjangkau dan tidak terlalu tinggi. Konsumen biasanya sangat memperhatikan berbagai hal dalam membeli dan menyeleksi sebuah harga produk. Mereka lebih menginginkan dengan harga yang relatif terjangkau mendapatkan produk yang berkuaitas apalagi produk yang sudah mempunyai nama.


Contoh Franchising Lokal dan Asing

Franchising Asing :

  • McDonald's
  • Starbucks
  • Lawson
  • The Body Shop
  • Wendy's
  • Circle K
  • Pizza Hut
  • Burger King
  • Domino Pizza
Franchising Lokal :
  • Osaka Ramen
  • Kebab Kings
  • CFC
  • Es Walikota
  • Indomaret
  • Ayam Lepaas
  • Cimoet
  • Stara Pizza
  • Kebab Turki

https://agrifood.id/wp-content/uploads/2017/09/waralaba-bisnis-franchise.jpg




DAFTAR PUSTAKA :

https://id.wikipedia.org/wiki/Waralaba
https://id.wikipedia.org/wiki/Pasar
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Harga
http://www.referensimakalah.com/2013/02/pengertian-marketing-mix.html
https://sites.google.com/site/bosschastreet/sebutkan-10-waralaba-asing

Comments

Popular Posts