Sistem dan Sistem Ekonomi





  • Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari beberapa unsur/elemen yang saling berkaitan,saling terhubung,saling tergantung, dan saling mendukung untuk mencapai tujuan secara efektif dan efesien. Dimana disaat salah satu sistem tidak berfungsi dengan seharusnya maka akan memepengaruhi sistem yang lain.
    Sistem Ekonomi merupakan perpaduan dari aturan-aturan atau cara-cara yang menjadi satu kesatuan dan digunakan untuk mencapai tujuan dalam perekonomian. Dalam arti lain sistem ekonomi adalah rangkaian sistem yang saling terhubung dan bertujuan untuk mencapai perekonomian yang diharapkan.  Hal ini mencakup seluruh proses dan kegiatan masyarakat dalam usaha memenuhi kebutuhan hidup atau mencapai kemakmuran atau kesejahteraan dan juga cara untuk mengatur dan mengorganisasi segala aktivitas dalam masyakarat yang dilakukan oleh pemerintah atau swasta berdasarkan prinsip tertentu.
  • Sistem ekonomi sangat penting adanya bagi pemerintahan di suatu negara, karena tidak menutup kemungkinan pada saat menjalankan kegiatan ekonomi untuk melaksanakan tugasnya pasti tidak selalu lancar berdasarkan dengan perencanaan. Dalam artian memiliki masalah-masalah yang dihadapi. Maka dalam kegiatan ekonomi memang perlu adanya solusi/ide yang dapat mengatasi ketika terjadi masalah ekonomi. Dari permasalahan tadi, Negara bisa menyelesaikan nya dengan sistem ekonomi yang dianut oleh masing-masing negara. Tujuan sistem ekonomi pada setiap negara sama yaitu bertujuan untuk kemakmuran dan kesejahtraan masyarakat, mencapai kestabilan ekonomi, meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta dapat meratakan pemerataan pendapatan diantara berbagai golongan dan lapisan masyarakat. Sistem ekonomi pun juga kerap dijadikan sebagai pedoman untuk melaksankan berbagai kegiatan-kegiatan ekonomi. Selain itu sistem ekonomi berfungsi pada setiap negara untuk menyediakan cara/metode untuk mengkoordinasi kegiatan individu dalam suatu kondisi, sebagai seperangkat mekanisme dan institusi untuk menjawab pertanyaan apa, bagaimana dan untuk siapa barang dan jaga diproduksi.
  • Sistem politik adalah subsistem dari sistem sosial. Perspektif atau pendekatan sistem melihat keseluruhan interaksi yang ada dalam suatu sistem yakni suatu unit yang relatif terpisah dari lingkungannya dan memiliki hubungan yang relatif tetap di antara elemen-elemen pembentuknya.
    Sistem ekonomi dan sistem politik dapat kita ibaratkan dua sisi mata uang, saya setuju dengan hal itu, karena hubungan antara ekonomi dan politik tidak dapat dipisahkan. Terlepas ekonomi terselip dalam setiap elemen kenegaraan, hubungan antara ekonomi dan politik menjadi hal yang saling berkaitan satu sama lain. Perlunya pemahaman seorang ahli ekonomi akan bidang politik perlu ditanamkan. Paling tidak harus memiliki pemahaman terkait antara hubungan ekonomi dengan politik. Ekonomi dan politik merupakan dua aspek atau sektor terpenting dalam sebuah negara. Ketika salah satu dari mereka hilang atau tidak berjalan maka akan mengalami dan mendapatkan suatu masalah yang besar Jadi pada intinya ekonomi dan politik memiliki keterkaitan satu sama lain, selain itu hubungan keduanya pun mempunyai dan mengarah pada konsep yang sama.




DAFTAR PUSTAKA :




Nama Anggota Kelompok :
1. Azka Hinda Nurdiena
2. Dika Widianingsih
3. Sekar Fairuz Annora

Comments

Popular Posts