Pembangunan Ekonomi

https://fahrirozy.files.wordpress.com/2014/05/ekonomi-indonesia.jpg
  • Kelebihan dan Kekurangan Dari Masing-masing Sektor
SEKTOR
KELEBIHAN
KEKURANGAN






PERTANIAN
1.Memiliki elastisitas permintaan yang rendah, artinya harga berubah berapapun orang akan tetap membeli produk pertanian.

2.Penghasil bahan Kebutuhan pokok, seperti beras, gandum, sayur-sayuran.

3.Memberikan sunbangan terhadap pendapatan nasional sehingga devisa negara akan bertambah.

4.Menyediakan lapangan pekerjaan.
1.Produksinya konstan, sangat sulit ditingkatkan dan memiliku investasi yang mahal.

2.Kurangnya pengetahuan dalam cara-cara bertani yang baik dan keterbatasan pengetahuan tentang bibit-bibit unggul serta pupuk-pupuk yang diperlukan tanaman.

3.Umumnya berusaha dengan tenaga kerja keluarga sehingga menyebabkan terjadinya involusi pertanian (pengangguran tersembunyi)









INDUSTRI
1.Merupakan salah satu penopang perekonomian bangsa karena skalanya yang sangat besar, mengurangi pengangguran, transfer teknologi.

2.Meningkatkan pendapatan daerah yang berujung pula pada meningkatnya pendapatan nasional.

3.Memperluas pertumbuhan dengan menghubungkan daerah tertinggal dengan pusat pertumbuhan.

4.Menghubungkan daerah terpencil dengan infrastruktur dan pelayanan dasar dalam menyebarkan manfaat pembangunan secara luas.

1.Investasi yang tinggi, dan sangat sensitif terhadap kondisi makro.

2.Dapat mengakibatkan eksploitasi sumber daya alam.

3.Kalahnya investor domestik dengan investor asing.







JASA
1. Dapat meraih keuntungan tinggi dengan frekuensi aktivitas yang lebih sering.

2.Dengan adanya sektor jasa, maka akan menambah pendapatan negara dan juga akan mengurangi masalah pengangguran di Indonesia.

3.Tidak perlu tempat untuk memajang (display), menyimpang (gudang), dan tidak perlu alat angkut untuk mengirim barang kepada konsumen.

1.Pada pasar persaingan sempurna, tiap orang akan berkompetisi untuk menurunkan harga serendah mungkin, hal ini karena elastisitas permintaan yang tinggi, atau saat harga berubah sedikit maka permintaan akan berubah drastis.

2.Kualitas jasa dapat diketahui setelah konsumen membeli jasa.

3.Jasa yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan (retur).
  • Pembangunan Tanpa Perubahan Struktur Ekonomi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhkJ0F01LM7ys-bPpxN5egRhY4IDUFH2x3sjLdZHGnJvoe-NPaTRAv8FaXygNuGYgREce-aukqqhXzbjxoshDVH8pv2eL3PBAoRoys3lBCMgpvBDqnGs6e4ne6BBVo1_R__mCy6BmUQV5t_/s1600/infrastruktur130308c.jpg

Menurut saya, pembangunan tanpa perubahan struktur ekonomi tidak dapat terjadi, karena jika suatu negara tidak mengubah struktur ekonominya, maka tidak akan bisa melakukan pembangunan, untuk itu perlu adanya perubahan struktur ekonomi agar pembangunan berjalan dengan lancar. Dengan adanya struktur ekonomi lah dapat terjadinya sebuah pembangunan ekonomi agar mengarh menjadi lebih baik lagi. Struktur ekonomi yang utama itu ada 3, yaitu pertanian, industri dan jasa. Jika suatu negara memiliki sumber daya alam yang melimpah maka negara tersebut pasti akan menitikberatkan struktur ekonominya ada sektor pertanian. Namun jika negara tersebut terus menerus fokus pada sektur pertanian maka tidak akan adanya kemajuan dalam bidang lainnya. Sekarang ini pembangunan ekonomi sangat membutuhkan teknologi, maka perlu adanya perubahan struktur ekonomi dalam pembangunan ekonomi. Jika pembangunan ekonomi tersebut berhasil maka pertumbuhan ekonominya pun dapat berkembang dengan baik. Proses pembangunan ekonomi biasanya diikuti dengan terjadinya perubahan-perubahan struktur dalam ekonomi. Perubahan struktur akan terkait dengan penyajian PDB menurut lapangan usaha dalam berbagai versi. Hal yang tercakup adalah tentang proses transformasi ekonomi bagaimana perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur ekonomi sejalan dengan peningkatan pendapatan berkapita.
  • Terjadinya Perubahan Struktur Ekonomi Dalam Pembangunan
Perubahan struktur ekonomi dalam proses pembangunan terjadi karena adanya keinginan suatu negara untuk membangun negaranya agar tumbuh menjadi lebih baik lagi. Faktor perkembangan ekonomi yang berkembang ke arah yang lebih baik :

1. Adanya  Hukum Engles
Sifat manusia dalam kegiatan konsumsinya, yaitu apabila pendapatan naik, elastisitas permintaan yang di akibatkan oleh perubahan pendapatan (income elastcity of demand) adalah rendah atas konsumsi bahan-bahan makanan. Sedangkan permintaan terhadap bahan-bahan pakaian, perumahan, dan barang-barang konsumsi hasil industri keadaanya adalah sebaliknya.

2. Adanya perubahan teknologi yang terus menerus berlangsung. 
Perubahan teknoogi yang terjadi dalam proses pembangunan akan menimbulkan struktur produksi yang bersifat compulsory dan inducive.

  • Compulsory, sebagai akibat teknologi yang digunakan terus-menerus akan mempertinggi produktivitas kegiatan ekonomi dan memperluas pasar serta kegiatan perdagangan. Perubahan-perubahan seperti ini terjadi dalam produksi barang industri yang selalu menghasilkan produk-produk terbaru yang memberikan fasilitas dan kemudahan-kemudahan bagu konsumen, dengan menggunakan teknologi-teknologi inovatif yang diterapkan disektor industri. Misalnya, setiap tahun atau beberapa tahun selalu bermunculan produk-produk mobil, motor, komputer, alat-alat kebutuhan rumah tangga versi terbaru.
  • Inductive, kemajuan menciptakan produk industri baru yang menambah pilihan alternatif terhadap barang-barang industri yang dikonsumsi atau dengan tenologi menimbulkan sektor industri banyak menawarkan diversifikasi produk industri, seperti memberikan pilihan apakah menggunaakan tenaga kerja manusia atau robot ciptaan manusia.
3. Adanya Comparative Advantage
Pada produk-produk sektor pertanian bagi negara-negara berkembang, sedangkan negara-negara yang sudah maju memiliki competitiveadvantage pada produk-produk sektor industri.
  • Pembangunan Tanpa Menghiraukan Kelestarian Lingkungan
https://jujubandung.files.wordpress.com/2013/02/kelestarian-lingkungan-hidup.jpg

Pembangunan yang hanya mengejar pertumbuhan tidak akan menghiraukan kelastarian lingkunga menurut saya itu tidak benar, karena akan berdampak pada kelestarian lingkungan itu sendiri. Kita juga harus tetap menjaga kelestarian alam dan memikirkan bagaimana kelangsungan dari lingkungan alam tersebut. Pembangunan memang menguntungkan bagi suatu negara, tetapi tidak boleh langsung asal membangun saja, kita harus mengetahui dulu baik atau buruknya untuk kelestarian lingkungan. Misalnya ketika ingin melakukan pembangunan dihutan, maka seharusnya diadakan reboisasi bukan malah hanya langsung menebang habis seluruh pohon yang ada disana. Lalu tumbuhnya sebuah pabrik dikawasan pemukiman juga akan menimbulkan kerusakan lingkungan karena limbah yang tersisa dapat mencemarkan air ataupun asap pabrik yang menyebabkan polusi udara. Seharusnya pabrik seperti itu dipindahkan ke kawasan industri agar tidak merusak lingkungan. Kita memiliki sumber daya alam yang cukup melimpah seharusnya dijaga dengan baik, bukan malah merusaknya. Mengadakan pembagunan boleh saja tetapi harus tau kawasan dan dampaknya dan harus diiringi dengan melestarian lingkungan.





DAFTAR PUSTAKA :

Comments

Popular Posts